RSS

PENELITIAN DISERTASI DOKTOR

Pendahuluan

Sesuai dengan Undang Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, program doktor merupakan salah satu jenjang pendidikan tinggi secara formal yang diselenggarakan oleh perguruan tinggi. Dosen perguruan tinggi dituntut untuk meningkatkan kualitas dan kompetensinya, sehingga dalam transfer-knowledge, mahasiswa peserta didik dapat memperoleh dan menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi yang lebih baik. Dalam pendidikan program doktor, seorang dosen harus dapat menyelesaikan pendidikannya sesuai dengan kemampuan belajar masing-masing dan tidak menyimpang dari ketentuan batas waktu yang telah ditetapkan.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan secara strategis telah mencanangkan bahwa jumlah dosen yang memenuhi kualifikasi S2/S3 harus ditingkatkan dari tahun ke tahun. Demikain pula, dengan jumlah publikasi ilmiah, buku ajar, dan jumlah perolehan hak kekayaan intelektual (HKI). Program penelitian ini diharapkan mampu meningkatkan mutu penelitian disertasi doktor serta mempercepat penyelesaian pendidikan doktor di Indonesia. Sampai saat ini penelitian yang dianggap mendekati sempurna, baik metode pendekatan, model analisis, metode sampling, maupun tingkat keseriusan dalam pelaksanaannya adalah penelitian mahasiswa program doktor. Mahasiswa program doktor di Indonesia yang tersebar di berbagai perguruan tinggi negeri dan swasta dengan variasi bidang ilmu (sosial-humaniora, eksakta, kebumian, ilmu terapan, dan lain-lain), melakukan penelitiannya dengan tahapan yang sistematis melalui bimbingan promotor dan/atau ko-promotor secara intensif dan berkesinambungan, sehingga pelaksanaan penelitian tersebut dapat dipertanggung jawabkan. Namun dalam kenyataannya di lapangan, masih banyak kendala teknis maupun non-teknis yang disebabkan keterbatasan dana, sehingga mahasiswa program doktor tidak dapat menyelesaikan studinya tepat waktu sesuai dengan ketetapan yang berlaku. Untuk mengatasai berbagai permasalahan tersebut, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi memberikan dukungan melalui Program Penelitian Disertasi Doktor yang bersifat kompetitif bagi para mahasiswa program doktor.

Tujuan

Tujuan Penelitian Disertasi Doktor adalah:

  1. Memberikan bantuan dana Penelitian Disertasi Doktor, yang substansi penelitiannya merupakan bagian dari penelitian disertasinya,
  2. Mempercepat penyelesaian studi doktor sehingga dapat meningkatkan jumlah dan kompetensi lulusan program doktor,
  3. Meningkatkan jumlah publikasi artikel ilmiah pada jurnal bereputasi internasional atau nasional terakreditasi, penulisan buku ajar, dan perolehan HKI,
  4. Diharapkan hasil penelitian program doktor dapat membantu menyelesaikan masalah nasional, regional, pemerintah daerah, dan masyarakat pada umumnya,
  5. Terciptanya iklim akademik yang lebih dinamis dan kondusif di lingkungan perguruan tinggi sehingga hubungan antara dosen dan mahasiswa menjadi lebih interaktif dan berkualitas.

Luaran Penelitian

Luaran Wajib

  1. Disertasi (draft disertasi) yang telah disetujui pembimbing,
  2. Publikasi ilmiah dalam jurnal bereputasi internasional.

Luaran Tambahan

  1. Teknologi tepat guna, HKI, model, rekayasa sosial, dan lainnya,
  2. Buku ajar.

Kriteria, Persyaratan Pengusul dan Tata Cara Pengusulan

Kriteria, Persyaratan Pengusul dan Tata Cara Pengusulan penelitian Hibah Bersaing adalah sebagai berikut.

  1. Pengusul adalah dosen perguruan tinggi yang sedang mengikuti program doktor dan tercatat sebagai mahasiswa aktif pada perguruan tinggi yang mempunyai ijin penyelenggaraan program doktor,
  2. Proposal penelitian untuk disertasinya telah disetujui oleh promotor dan ko-promotor (telah diseminarkan),
  3. Proposal penelitian yang diusulkan merupakan bagian dari bahan penyelesaian disertasi,
  4. Mendapatkan rekomendasi dari promotor dan diketahui oleh Direktur Pascasarjana/ Dekan Fakultas tempat melaksanakan program doktor,
  5. Untuk dosen perguruan tinggi negeri dan perguruan tinggi swasta di luar kelompok PTS Binaan proposal penelitian dikumpulkan di LP/LPPM perguruan tinggi tempat asal dosen pengusul, sedangkan bagi dosen yang berasal dari PTS Binaan proposal penelitian dikumpulkan di Kopertis wilayahnya masing-masing,
  6. Bagi proposal yang dinyatakan lolos seleksi, maka sumber pendanaannya adalah dana desentralisasi penelitian di perguruan tinggi tempat asal pengusul atau dana desentralisasi di Kopertis,
  7. Jangka waktu penelitian adalah 1 tahun, dengan jumlah dana Rp. 30.000.000 – Rp. 50.000.000/judul/tahun,
  8. Pengusul hanya diperbolehkan mendapatkan 1 kali pendanaan selama melaksanakan studi doktor

Seleksi dan Evaluasi Proposal

Seleksi dan evaluasi proposal penelitian unggulan perguruan tinggi dilakukan dalam dua tahapan, yaitudesk evaluasi dan pembahasan (paparan) untuk proposal yang dinyatakan lulus dalam desk evaluasi.

Sistematika Usulan Penelitian

DAFTAR ISI

ABSTRAK

Kemukakan tujuan dan target khusus yang ingin dicapai, serta metode yang digunakan untuk mencapai tujuan tersebut. Abstrak harus mampu menguraikan secara cermat dan singkat tentang rencana kegiatan yang diusulkan, diketik dengan jarak baris 1 spasi.

BAB I. PENDAHULUAN

Uraikan latar belakang dan permasalahan yang akan diteliti, tujuan khusus, dan urgensi (keutamaan) penelitian. Jelaskan juga bagaimana keterkaitan penelitian ini dengan penyelesaian disertasi dan kontribusinya dalam pengembangan IPTEKS-SOSBUD.

BAB II. TINJAUAN PUSTAKA

Kemukakan state of the art dalam bidang yang diteliti, gunakan pustaka acuan primer yang relevan dan terkini dengan mengutamakan hasil penelitian pada jurnal ilmiah. Jelaskan juga studi pendahuluan yang telah dilaksanakan dan hasil yang sudah dicapai, termasuk roadmap penelitian.

BAB III. METODE PENELITIAN

Dilengkapi dengan bagan penelitian yang menggambarkan bahwa penelitian ini merupakan bagian dari penelitian disertasi yang sedang dilakukan. Bagan penelitian harus dibuat secara utuh dengan penahapan yang jelas, mulai dari mana, bagaimana luarannya, lokasi penelitian, dan indikator capaian secara terukur.

BAB IV. JADWAL PELAKSANAAN

Jadwal pelaksanaan penelitian dibuat untuk 1 tahun dalam bentuk bar chart.

DAFTAR PUSTAKA

Disusun berdasarkan sistem nama dan tahun, dengan urutan abjad nama pengarang, tahun, judul tulisan, dan sumber. Hanya pustaka yang dikutip dalam usul penelitian yang dicantumkan dalam Daftar Pustaka.

REKAPITULASI ANGGARAN PENELITIAN

Dibuat dalam bentuk tabel seperti di bawah ini. 
Tabel rekapitulasi anggaran Penelitian

Instrumen Penilaian

Formulir penilaian untuk desk evaluasi dan pembahasan menggunakan format sebagai berikut.

FORMULIR INSTRIMEN PENILAIAN PROPOSAL

Pelaksanaan Kegiatan

Waktu dan tempat pelaksanaan kegiatan Penelitian Doktor disesuaikan dengan Jadwal pelaksanaan penelitian dibuat untuk 1 tahun dalam bentuk bar chart.

Sumber Dana

Jangka waktu penelitian adalah 1 tahun, dengan biaya berkisar antara Rp. 30.000.000 – Rp. 50.000.000/judul/tahun

Sampul Muka

Sampul muka berwarna coklat seperti contoh berikut:

Halaman Sampul

Halaman Pengesahan

Setiap usulan program harus disertai halaman pengesahan yang menunjukkan bahwa usul yang bersangkutan telah melalui proses evaluasi internal di masing-masing perguruan tinggi.

Halaman Pengesahan

Lampiran

Lampiran 1. Justifikasi anggaran penelitian

Justifikasi anggaran biaya ditulis dengan terperinci dan jelas. Anggaran biaya yang diajukan berkisar antara Rp. 30.000.000 – Rp. 50.000.000/judul/tahun, dengan komponen sebagai berikut:

Justifikasi Anggaran

Lampiran 2. Surat keterangan (rekomendasi) dari promotor bahwa proposal Penelitian Disertasi Doktor sudah diseminarkan

Lampiran 3. Ketersediaan sarana dan prasarana penelitian

Jelaskan sarana dan prasarana utama yang diperlukan dalam penelitian ini dan ketersediannya di perguruan tinggi pengusul. Apabila tidak ada bagaimana cara mengatasinya.

Lampiran 4. Biodata pengusul/peneliti. Lihat format pada Lampiran 1 dalam Lampiran Umum.

Lampiran 5. Surat keterangan pengusul/peneliti. Lihat format pada Lampiran 2 dalam Lampiran Umum.

 

 

4 responses to “PENELITIAN DISERTASI DOKTOR

  1. Badrudin, M. Ag.

    Mei 27, 2013 at 11:17 pm

    ~Bismillaah. Terima kasih, saya meminati tulisan Anda, mabruuk, aamiin. walillaahil hamd. Sampaikan!

     
  2. syahril

    Juni 10, 2013 at 4:22 am

    Terima kasih n bagaimana dengan dosen yg pindahan dari perguruan tinggi asal ke t4 yg baru ?

     
  3. yamin

    Desember 25, 2013 at 11:20 pm

    saya suka info-info seperti ini. tambahkan dengan info lain

     
  4. Lukman Hakim Nasution

    Januari 16, 2014 at 1:06 am

    bagaimana dengan status dosen luar biasa ? apakah dapat mengusulkan ?

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: