RSS

Seminar Nasional (UNAIR); Tema: Indonesia Menuju Redenominasi Rupiah: Sudah Siapkah?

07 Mar

1. LATAR BELAKANG

Rencana Bank Indonesia untuk melakukan Redenominasi rupiah sangat tepat untuk perekonomian Indonesia saat ini dimana pada tahun 2012 Indonesia adalah negara yang capaian pertumbuhan ekonominya tertinggi kedua setelah China. Syarat untuk melakukan redenominasi adalah kondisi perekonomian yang stabil, tidak mengalami tekanan inflasi dan nilai tukar rupiah dalam kondisi normal, hal ini penting untuk diketahui masyarakat bahwa redenominasi berbeda dengan sanering.

Redenominasi adalah menyederhanakan denominasi (pecahan) mata uang menjadi pecahan lebih sedikit dengan cara mengurangi digit (angka nol) tanpa mengurangi nilai mata uang tersebut. Penyederhanaan tersebut harus dilihat dari berbagai perspektif, tidak hanya perspektif ekonomi, tetapi juga perspektif politik, sosial, budaya, hukum dan psikologi.

Kebijakan redenominasi rupiah akan dijalankan tahun 2015 dan pada berbagai media massa terlihat jelas optimisme yang dirasakan oleh Bank Indonesia dan Kementrian keuangan Indonesia. Bahkan dengan tegas  mereka mengatakan sudah siap untuk melaksanakannya. Di lain pihak, banyak pula yang menyangsikan keberhasilan dari kebijakan ini.

Pernyataan pemerintah tentang rencana redenominasi rupiah ini langsung mendapat respon, baik yang memberi dukungan maupun sebaliknya. Respon apapun itu memang wajar mengingat perubahan yang dilakukan di Indonesia ini selalu menjadi wacana yang pelik, bahkan seringkali membuat beberapa pihak menjadi sangsi akan pelaksanaannya.

Masih begitu banyak pelaku bisnis dan pengambil keputusan di Indonesia khususnya yang berkait dengan perdagangan internasional meragukan tentang kekuatan nilai tukar rupiah di kancah perdagangan dunia. Untuk itu, redenominasi harus dikaji lebih mendalam.

Berdasarkan hal tersebut, Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) Cabang Surabaya Koordinator Jawa Timur  tertarik dan terpacu untuk membuat kegiatan yang bisa memberikan wacana sedemkian rupa kepada masyarakat umum bahwa kebijakan redenominasi rupiah ini menjadi kebutuhan mendesak dan persiapan pelaksanaannya sudah disiapkan sebaik mungkin dengan menyelenggarakan Seminar Nasional dengan tema “Indonesia Menuju Redenominasi Rupiah 2015: Sudah Siapkah?”

2. BENTUK KEGIATAN

Kegiatan ini dilaksanakan dalam bentuk Seminar yang akan dihadiri oleh masyarakat secara luas dan mewakili berbagai pihak seperti praktisi, pelaku bisnis, pembuatan kebijakan dan para akademisi serta masyarakat umum.

 3. TUJUAN

  • Untuk mengetahui seberapa efektif redenominasi rupiah akan mempengaruhi aktivitas ekonomi Indonesia dan dampaknya pada perekonomian masyarakat dan negara.
  • Untuk mengetahui seberapa siap pemerintah dan segala jajarannya baik yang bersifat vertikal maupun horizontal mempersiapkan implementasi dari kebijakan ini.  
  • Untuk mengetahui lebih mendalam akan dampak yang bakal muncul dari kebijakan redenominasi rupiah yang akan ditinjau dari berbagai aspek ekstenal seperti politik, sosial, budaya, hukum dan psikologi.
  • Untuk mengetahui tingkat keyakinan dari semua pihak pelaku bisnis dan pembuat kebijakan di negara Indonesia serta pihak swasta dalam menyikapi kebijakan ini sebagai sebuah kebijakan yang relevan, tepat dan benar untuk dilaksanakan.

4.  PEMBICARA DAN MODERATOR

Pembicara :

  1. Ir. Ronald Waas, MIA  (Deputi Gubernur Bank Indonesia)
  2. Herman Halim MBA (Ketua Perbanas Jawa Timur)
  3. Prof. Dr. Ahmad Erani Yustika, MSc., PhD (Direktur Eksekutif INDEF / Guru Besar Ilmu Ekonomi Kelembagaan FEB Universitas Brawijaya
  4. Drs. Haryadi, M.Si. (Dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Airlangga)

Moderator :

  1. Dr. Wasiaturrahma (Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNAIR)
  2. Dr. Soni Harsono, SE, M. Si  (Dosen STIE Perbanas Surabaya)

5. INVESTASI

Investasi yang dibebankan kepada para peserta adalah :

  •  Umum : Rp.  500.000,-
  •  Dosen              : Rp.  250.000,-
  •  Anggota ISEI   : Rp.  250.000,-
  •  Mahasiswa      : Rp.  250.000,-

Investasi tersebut sudah termasuk konsumsi, seminar kit, dan sertifikat. Sehubungan terbatasnya jumlah peserta, mohon agar calon peserta segera mendaftarkan diri.

6. PENDAFTARAN

Sekretariat ISEI Cabang Surabaya; Jl. M.H. Thamrin 12 Surabaya Telp.031-5683021; Fax. 031-5676475

 Contact person :

 – Budiono, SE, M.Si (081330547672)

 – Sista Paramita, SE, M.Si (085730345356)

 – Heru Sylvanata, SE (085732354373)

7. WAKTU DAN TEMPAT PENYELENGGARAAN

  • Hari/Tanggal     : Kamis, 14 Maret 2013
  • Pukul                : 08.00 – 13.00 WIB
  • Tempat : Ruang Fadjar Notonegoro; FEB Universitas Airlangga;  Jl. Airlangga 4 Surabaya

Download : Formulir & Brosur Redenominasi Fix

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Maret 7, 2013 in BERITA

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: