RSS

Pelatihan Manajemen Keuangan Kegiatan Pembinaan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) Usaha Micro Kecil Menengah (UMKM) Disperindagkop Kota Balikpapan

02 Nov

LP2M News, Pelatihan Manajemen Keuangan Kegiatan Pembinaan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) Usaha Micro Kecil Menengah (UMKM) Disperindagkop Kota Balikpapan.

Hadir Bapak Dr. Didik Hadiyatno,SE.M.Si. (Kepala LPPM Universitas Balikpapan sekaligus Ketua tim Instruktur Pelatihan Manajemen Keuangan) bersama anggota tim dari Fakultas Ekonomi yaitu Ibu Rihfenty Ernayani,SE.M.Ak., Ibu Miswaty, SE.M.Sc.Ak. dan di bantu staff LPPM Juwari,SE, dalam Pelatihan Manajemen Keuangan Kegiatan Pembinaan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) Usaha Micro Kecil Menengah (UMKM) Disperindagkop Kota Balikpapan.

Dalam sesi pertama, sesi ini dimulai dari pukul 09.00 s/d 12.00 wita, materi diisi oleh Dr.Didik Hadiyatno,SE.M.Si. dengan materi Manajemen Keuangan mengupas tuntas Manajemen Keuangan. Begitu interaktif dan inovatif dalam penyampaian, banyak peserta yang belum mengerti manajemen keuangan tidak canggung-canggung untuk bertanya, pertanya mengenai manajemen keuangan banyak bahasa-bahasa dari manajemen keuangan/ akuntansi keuangan  yang masih awam ditelinga peserta, akan arti dan maksudnya.

Sesi kedua materi diisi oleh Rihfenty Ernayani, SE.M.Ak., dan Miswaty, SE.M.Sc.Ak. dengan materi Akuntansi Keuangan mengupas tuntas dasar-dasar akuntansi dan studi kasus akuntansi dari cara pencatatan, jurnal, buku besar, neraca saldo, laporan rugi/laba, neraca, dan laporan perubahan modal. Begitu antusias peserta dalam pelatihan ini dalam membuat pembukuan dalam pelaporan keuangan dalam satu periode, berlanjut tgl. 01 November 2012 dari pukul 09.00 wita s/d 16.00 wita. Waktu isomah pukul 12.00 s/d 13.00 wita.

Selama pelatihan ini dari hari pertama dan kedua peserta dengan penuh antusias mengikuti pelatihan, hal ini terbukti dengan kuis atau soal latihan yang diberikan tim instruktur mayoritas peserta bisa mengerjakannya. kedepannya dari hasil pelatihan ini diharapkan peserta dapat/mampu menyusun laporan keuangan yang lebih baik, bilamana disuatu hari peserta/pengusaha ingin mengajukan pinjaman ke bank, peserta bisa menunjukan laporan keuangan yang berupa Necara, Laporan Laba Rugi, dan Laporan Perubahan Modal (Equitas), sehingga pihak perbankan atau investor dapat mempertimbangkan lebih cepat dalam pengambilan keputusan (pencairan atau tidak) pengajuan pinjaman, pesan ‘pak didik’ dalam penutupan hari terakhir pelatihan.*(xljoe)

About these ads
 
2 Komentar

Posted by pada November 2, 2012 in BERITA

 

2 responses to “Pelatihan Manajemen Keuangan Kegiatan Pembinaan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) Usaha Micro Kecil Menengah (UMKM) Disperindagkop Kota Balikpapan

  1. Hj. Misna Ariani

    November 7, 2012 at 2:59 am

    semoga langkah awal yang baik ini dapat diikuti oleh temen2 dosen dari fakultas lainnya. Amin..
    sukses selalu untuk Tim Lp2M

     
  2. Sri purwanti K3

    Desember 26, 2012 at 5:41 pm

    Good job utk LPPM Uniba yang telah memberikan pelatihan bagi umkm Desperindagkop kota balikpapan dan smoga terus berkesinambungan sehingga dapat bermanfaat bagi masyarakat.

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: